Cara Membersihkan Temporary File Windows 10

Cara Membersihkan Temporary File Windows 10

 

Membersihkan Temporary File Windows 10

Halo sobat jendelainternet.com pada kali saya akan membagikan sebuah tutorial yang berkaitan dengan sistem operasi atau biasa di singkat OS bagaimana cara membersihkan file temporary windows 10 agar mempercepat windows kinerja pada pc atau laptop kita, langsung saja ikuti step by step nya dibawah ini ya.

Nah sebelum kita ke inti pembahasan postingan kali ini ada baiknya saya akan menjelaskan sedikit tentang Temp File atau Tempory File ini.

Apa itu Temporary File pada Sistem Operasi Windows

Temp File atau File Sementara pada Windows ialah kumpulan file-file yang mana penggunaannya hanya untuk sementara saja dan akan menjadi berlebihan pada ukuran file dan jumlahnya jika setelah program atau aplikasi yang kita jalankan telah selesai digunakan. Tujuan dari file sementara tersebut dibuat adalah untuk menyimpan data sementara ketika file atau program sedang dibuat, diproses atau kita dijalankan .

Tujuan Temporary File Dibuat

Mungkin dari teman-teman pembaca pasti pernah berfikir untuk apa dan apa tujuan File sementara  atau Temporary File ini dibuat oleh sistem operasi seperti Windows, yang mana membuat media penyimpanan kita menjadi penuh dan juga lama kelamaan menjadi berat.

Perlu diketahui juga bahwa software ataupun program yang menggunakan sejumlah besar data seperti contohnya Grafik, Video maupun Media untuk mengedit perangkat lunak seperti pada sistem operasi windows juga membuat file sementaranya sendiri, yang mana jika kita telah selesai menggunakan sebuah program, maka temp file tersebut akan tersimpan di penyimpanan kita yang menyebabkan pemborosan ruang pada harddisk.


Tujuan File Sementara juga dibuat ialah untuk tujuan pencadangan oleh program sebagai contoh kita ambil, program Microsoft Office yang menyimpan file sementara dari dokumen yang terbuka setiap beberapa menit. Jika kau menyimpan dokumen dan keluar maka File Temporary akan dihapus dan jika program tersebut terjadi crash yang tidak tak terduga maka Temporary File tersebut tidak akan dihapus. Bisa dikatakan dengan demikian dapat kita digunakan untuk membantu memulihkan data yang hilang tadi jika program atau sistemnya tiba-tiba terjadi crash.

Hal penting yang kamu lakukan pada Temp File adalah harus segera meghapusnya setelah keluar dari program, akan tetapi ini tidak selalu terjadi dan kita lakukan yang mana jika membiarkannya terus menerus akan menyebabkan ruang penyimpann yang akan terus bertambah dan lama kelamaan akan memenuhi harddisk dan tentunya juga menjadi salah satu penyebab lambatnya kinerja windows itu sendiri.

Cara Membersihkan Tempory File

Untuk kamu yang ingin tau cara mudah membersihkan temp file tersebut, berikut ini caranya saya akan buat step by step. langsung saja:
  1. Tekan tombol dikeyboard logo Windows + R
  2. Setelah itu akan muncul menu Run seperti berikut ini

    Membersihkan Temporary File Windows 10

  3. Lalu ketikan Temp di kolom kosong tersebut dan  OK
  4. Kemudian akan muncul Folder Temp yang ada di komputer kamu
  5. Blok semua foldernya dengan menekan tombol CTRL + A dan Delete
  6. Maka semua folder Temp nya akan terhapus

    Membersihkan Temporary File Windows 10

  7. Jika muncul peringatan tidak dapat menghapus folder tadi kita klik SKIP saja, alasannya karena folder tersebut masih di gunakan oleh program yang kita buka
  8. Ulangi langkah dari awal tadi tetapi kali ini dengan mengetikan %temp% dengan tanda persen diawal dan akhir kata, klik OK lalu hapus semua seperti cara diatas. Selesai
Nah dengan begitu ruang penyimpanan pada komputer/pc kamu akan lega karena file file temp tidak menumpik terus menerus dan kinerjanya menjadi tetap optimal, cara diatas juga bisa kamu lakukan pada semua jenis windows ya semoga tutorial ini bermanfaat